Home » » Khasiat Dari Kayu Manis

Khasiat Dari Kayu Manis

Kayu manis memiliki berbagai kelebihan untuk merawat kulit secara alami tanpa efek samping berbahaya bahan kimia. Sejenis rempah yang diambil dari bagian kulit pohon dalam kalangan keluarga Cinnamomum, kayu manis digunakan untuk menambah rasa dalam makanan apakah yang berperisa pedas atau manis.
Berasal dari Sri Lanka, kayu manis apakah dikisar atau dibentuk menjadi minyak, memiliki khasiat untuk kulit karena mampu melancarkan peredaran darah dan menyalurkan nutrisi ke kulit.

Kayu manis adalah rempah berkualitas yang dihargai semua bangsa sehingga pada satu tahap sekitar abad pertama, sejarah menunjukkan nilai 350 gram kayu manis bersamaan dengan lima kilogram perak.

Dokter zaman pertengahan juga menggunakan kayu manis sebagai obat untuk mengobati batuk, serak, sakit tenggorokan, sakit perut, kembung, diare dan senak perut.

Ia juga mampu bertindak sebagai antiseptik alami yang bisa membunuh kuman. Karena itu, jika tangan terluka dan tidak sempat mencari obat, kayu manis bisa digunakan dengan dioleskan sedikit pada luka untuk mematikan kuman, namun ia agak pedih.

Kayu manis adalah bahan kecantikan alami dan bertindak sebagai agen yang efektif mengurangi parut, menghilangkan jerawat dan mengurangi iritasi kulit kepala.

Campuran minyak kayu manis dan minyak zaitun mampu mengurangi garis halus pada wajah karena ia melembabkan kulit, selanjutnya membuat kulit lebih lembut dan kurang berkedut termasuk di bagian ujung mata, selain bisa menggantikan pelembap bibir.

Lebih menakjubkan, kayu manis juga mampu bertindak membersihkan dan menyuburkan kulit kepala, dengan cara menyingkirkan kulit mati dan mendorong sirkulasi darah di bagian tersebut.

Ini bisa dilakukan dengan cara mencampurkan sesudu bubuk kayu manis bersama madu dan minyak zaitun, kemudian dicat ke kulit kepala sambil memijat lembut, dibiarkan setidaknya 15 menit sebelum sampo seperti biasa.

Rempah tersebut memiliki beberapa sifat alami yang dapat digunakan dalam perawatan rambut. Bukan saja aman, kayu manis juga memberi pilihan lebih murah untuk merawat masalah rambut rontok dan bercabang jika digunakan secara konsisten.

Ia juga dapat membantu mengobati jerawat namun ia harus disapu tipis karena agak pedih jika dicat tebal. Lebih baik jika ia dicampur dengan bedak dingin atau madu sebelum disapu ke kulit.

Selain mujarab di luar tubuh, penelitian menemukan kayu manis mampu menurunkan kadar kolesterol LDL yang menyebabkan masalah kardiovaskular, melalui pengambilan setengah sendok rempah itu setiap hari.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis mungkin memiliki efek kontrol gula darah, membuat ia bermanfaat terutama bagi orang yang mengidap diabetes.

Kayu manis juga menunjukkan kemampuan menakjubkan dengan menghentikan infeksi ragi yang gagal dihancurkan obatan lain.

Dalam penelitian yang diterbitkan peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat di Maryland, kayu manis diperoleh mengurangi Perkecambahan sel kanker leukemia dan limfoma, selain memiliki efek antipembekuan darah.

Melalui penelitian di Universitas Kopenhagen pula, pasien yang mengidap artritis diberi setengah sendok teh bubuk kayu manis dikombinasikan dengan satu sendok madu setiap pagi sebelum sarapan.

Setelah seminggu, ditemukan pasien dapat merasakan perbedaan yang nyata dan bisa berjalan tanpa rasa sakit dalam periode satu bulan.

Bila ditambahkan pada makanan, kayu manis dapat membatasi pertumbuhan bakteri dan kerusakan makanan, menjadikannya pengawet makanan alami.

Satu studi menemukan bau kayu manis juga memiliki manfaat saat ia mampu meningkatkan fungsi kognitif dan memori selain sumber makanan yang kaya mineral, serat, besi dan kalsium.

Untuk setiap 5,2 gram kayu manis atau bersamaan dua sendok teh, ia memiliki 45.5 persen mineral, 11 persen serat dan 5.2 persen kalsium.

Peneliti di Universitas Negeri Kansas, menunjukkan bahwa kayu manis mampu melawan bakteri E. coli dalam jus yang tidak dipasteur.

Jika dicampur bersama teh hijau, kayu manis juga tersedia memiliki efek yang mampu mengontrol berat badan secara alami.

Rempah tersebut juga terbukti efektif untuk mengontrol rasa sakit senggugut di mana ia mengandung kimia alami yang disebut cinnamaldehyde.

Penelitian menunjukkan cinnamaldehyde meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi produksi testosteron pada wanita, membantu untuk menyeimbangkan hormon.

Namun bagi mereka yang mau mencoba efektivitas kayu manis, mereka perlu memastikan efek samping sapuan atau pengambilan kayu manis dengan mendapatkan nasihat dokter atau mencobanya sedikit terlebih dulu, untuk menghindari masalah alergi.

Saat itu, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menikmati keenakan kayu manis selain mendapat seribu satu manfaat darinya.

Antaranya adalah dengan menyapu potongan roti dengan madu dan ditaburi bubuk kayu manis untuk dinikmati sebagai sarapan atau merendam kayu manis dalam susu kedelai hangat dan dicampur ke dalam makanan sebagai penambah perisa.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Nurul May Sandy - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger